Kamis, 06 Juli 2023

Materi Kelas 7: Perbandingan Berbalik Nilai


Konsep Perbandingan Berbalik Nilai

Tahukah kalian, apa yang dimaksud dengan perbandingan berbalik nilai? Untuk memudahkan silahkan perhatikan permasalahan berikut:

Rafa berangkat ke sekolah dari rumahnya menggunakan sepeda motor. Jika dia menggunakan kecepatan 60 km/jam maka Rafa memerlukan waktu 30 menit. Jika dia menggunakan kecepatan 40 km/jam berapa lama waktu yang diperlukan oleh Rafa? Jika dia harus sampai di sekolah dalam waktu 20 menit berapa kecepatan yang harus digunakan oleh Rafa?

Jika semakin tinggi kecepatan Rafa, maka bagaimana waktu yang diperlukan untuk sampai ke sekolah? Sebaliknya jika semakin kecil kecepatan Rafa, bagaimana waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sekolah? Apa yang dapat kalian simpulkan dari perbandingan kecepatan dan perbandingan waktu yang diperlukan Rafa?

Permasalahan Rafa di atas dinamakan perbandingan berbalik nilai (berbalik harga). Perbandingan berbalik nilai adalah suatu bentuk perbandingan yang apabila salah satu besaran yang diperbandingkan nilainya bertambah, maka besaran lainnya memiliki nilai yang semakin kecil.

Penerapan Perbandingan Berbalik Nilai

Perbandingan berbalik nilai adalah perbandingan antara dua besaran dimana suatu variabel bertambah maka nilai variabe lain berkurang atau sebaliknya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah satuan dari besaran tersebut. Perhatikan contoh berikut.

Contoh soal 1:

Sebuah panti asuhan mempunyai persediaan beras yang cukup untuk 35 anak selama 24 hari. Berapa hari beras itu akan habis jika penghuni panti asuhan bertambah 5 anak?

Penyelesaian:

Dari tabel terlihat bahwa jika banyak anak 35 orang beras akan habis dalam 24 hari, dan jika jumlah anak bertambah maka persediaan beras akan lebih cepat habis. Artinya ini merupakan perbandingan berbalik nilai.
Sehingga nilai perbandingan banyak anak dan banyak hari saling berkebalikan
 

Jadi, jika bertambah 5 orang anak maka persediaan beras akan habis dalam 21 hari.

Contoh soal 2:

Perbaikan sebuah jembatan diperkirakan selesai selama 9 hari dengan pekerja sebanyak 14 orang. Jika perbaikan jembatan harus selesai dalam waktu 6 hari, berapa pekerja tambahan yang diperlukan?

Penyelesaian:

Semakin singkat waktu pengerjaan, pekerja yang diperlukan semakin banyak. Jadi, permasalahan tersebut merupakan permasalahan perbandingan berbalik nilai. 
Misalkan: x = banyak pekerja tambahan

Jadi, pekerja tambahan yang diperlukan sebanyak 7 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar